Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan. Haloo, apa kabar para blogger dan para pengunjung blog ? semoga selalu didalam kebaikkan. Pada kesempatan kali ini UpanBlog akan berbagi mengenai mesin pencari atau search engine apa saja yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menelusuri dunia internet ini.

Untuk saat ini kita semua sudah tahu bahwa mesin pencari atau search engine terkenal untuk saat ini adalah Google tapi selain itu masih banyak lagi yang lainnya, maka dari itu artikel ini dibuat untuk mengetahui beberapa search engine yang dapat anda gunakan dalam penjelajahan anda didunia maya ini. Pada artikel ini UpanBlog akan mengurutkan sesuai dengan tingakt pengunjung yang terendah.


Search Engine atau Mesin Pencari

Search engine atau mesin pencari itu sendiri adalah perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen web yang tersedia di internet. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk list/daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan


5. Web Crawler


Jumlah Pengunjung Unik : 65.000.000
Peringkat Alexa : 1.751
Tanggal Peluncuran : 20 April 1994
Pemilik : Blucora, Inc

Web crawl dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.

4. ASK


Jumlah Pengunjung Unik : 245.000.000
Peringkat Alexa : 33
Tanggal Peluncuran : Juni 1996
Pemilik : IAC (InterActive Corp)


Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.


3. Yahoo! Search


Jumlah Pengunjung Unik : 300.000.000
Peringkat Alexa : 5
Tanggal Peluncuran : 1 Maret 1995
Pemilik : Microsoft

Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.


2. Bing


Jumlah Pengunjung Unik : 350.000.000
Peringkat Alexa : 21
Tanggal Peluncuran : 1 Juni 2009
Pemilik : Microsoft

Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.


1. Google


Jumlah Pengunjung Unik : 1.100.000.000
Peringkat Alexa : 1
Tanggal Peluncuran : 15 September 2015
Pemilik : Google


Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Hanya 5 list saja yang dibuat oleh UpanBlog mengenai Search engine atau mesin pencari yang dapat anda gunakan, sewaktu-waktu daftar maupun urutan diatas dapat berubah sesuai dengan perkembangan mesin pencari dan keinginan pengguna. Kurangnya mohon dimaafkan atau bisa anda tambahkan dikolom komentar, semoga bermanfaat thanks.


Buka juga :

Post a Comment for "Beberapa Mesin Pencari Yang Dapat Anda Gunakan"