Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi Sosial Network

Definisi Sosial Network


■ Facebook Timeline
Facebook Timeline adalah istilah yang merujuk pada aktivitas yang dilakukan diFacebook berdasarkan kronologis. Aktivitas yang dilakukan bisa berupa update status di wall, menambahkan foto, notes, menulis di wall seseorang, dan sebagainya.

■ Google Wave
Google Wave adalah sebuah aplikasi online dari Google yang digambarkan sebagai sebuah aplikasi web baru untuk komunikasi real-time dan kolaborasi. Pertama kali diumumkan oleh Google pada tanggal 27 Mei 2009.Google Wave adalah layanan berbasis web, platform komputasi, dan protokol komunikasi yang dirancang untuk menggabungkan e-mail, pesan instan, wiki, dan jejaring sosial.

■ MySpace
MySpace adalah salah satu situsjejaring sosial yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, group, foto, music dan video. MySpacebermarkas di Beverly Hills, Amerika Serikat. MySpace kini dimiliki oleh News Corporation. Sejarahnya berawal dari saat peluncuran Friendster di tahun 2002. Beberapa orang yang saat ini menjadi karyawan MySpace memutuskan untuk meniru Friendster. Pada bulan Agustus 2003, versi pertama dari MySpace diluncurkan.

■ Social Networking
Social Networking atau Jejaring Sosial adalah sebutan lain terhadap website komunitas. Sebelumnya website komunitas hanya didasari oleh kesamaan minat di antara para anggotanya yang mendapatkan informasi atau berita serta berkomunikasi melalui forum. Kemudian, muncul website komunitas yang dapat menghubungkan antara satu anggota dengan anggota lainnya yang juga dilengkapi dengan daftar kontak atau teman.

Perbedaan dari Media Sosial dan Jejaring Sosial

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.
Teknologi media sosial mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial. Contoh media sosial adalah Kompas.com, Wikipedia, Republika.ac.id, Gunadarma.ac.id, dll.

Situs jejaring sosial (bahasa Inggris: Social network sites) merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.

Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosiallunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. 

Dalam keanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati. Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook.Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya.Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda.Twitter menggunakan sistem mengikuti – tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun 2012,muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
Perbedaan antara media sosial dan jejaring sosial hanya sekitar sebagai besar seperti siang dan malam. 

Ada beberapa perbedaan penting dan dapat diketahui dari apa yang mereka bantu. Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana memanfaatkan mereka untuk merek anda dan bisnis.

1. Dengan Definisi Setiap

Sosial media adalah cara untuk mengirimkan, atau berbagi informasi dengan khalayak luas. Setiap orang memiliki kesempatan untuk membuat dan mendistribusikan. Yang Anda perlukan adalah koneksi internet dan Anda berseluncur di dalamnya.
Di sisi lain, jaringan sosial adalah suatu tindakan keterlibatan. Kelompok orang dengan kepentingan umum, atau seperti-pikiran, mengasosiasikan bersama-sama di situs jejaring sosial dan membangun hubungan melalui komunitas.

2. Komunikasi Gaya

Media sosial adalah lebih mirip dengan sebuah saluran komunikasi. Ini adalah format yang memberikan pesan. Seperti televisi, radio atau surat kabar, media sosial bukanlah lokasi yang Anda kunjungi. Sosial media hanyalah sebuah sistem yang menyebarkan informasi ‘ke’ orang lain.
Dengan jejaring sosial, komunikasi adalah dua arah. Tergantung pada materi, subjek topik atau suasana, orang berkumpul untuk bergabung dengan orang lain dengan pengalaman yang sama dan latar belakang. Percakapan adalah inti dari jaringan sosial dan melalui mereka hubungan yang dikembangkan.

3. Return on Investment

Ini bisa sulit untuk mendapatkan angka yang tepat untuk menentukan ROI dari media sosial. Bagaimana Anda menempatkan nilai numerik pada buzz dan kegembiraan percakapan online tentang merek produk atau jasa Anda? Ini tidak berarti bahwa ROI adalah null, itu hanya berarti bahwa taktik yang digunakan untuk mengukur berbeda. Misalnya, pengaruh, atau kedalaman percakapan dan apa isi dari percakapan yang dibicarakan, dapat digunakan untuk mengukur ROI.
ROI jejaring sosial adalah sedikit lebih jelas. Jika lalu lintas secara keseluruhan ke situs web Anda terus meningkat dan Anda rajin meningkatkan basis jaringan sosial Anda, Anda mungkin bisa mengaitkan kenaikan pengunjung online untuk usaha sosial Anda.

4. Tepat waktu Tanggapan

Media sosial adalah kerja keras dan membutuhkan waktu. Anda tidak dapat mengotomatisasi percakapan individu dan kecuali Anda adalah merek terkenal dan mapan, membangun berikut yang tidak terjadi dalam semalam. Sosial media pasti maraton dan bukan sprint.
Karena jaringan sosial adalah komunikasi langsung antara Anda dan orang-orang yang Anda pilih terhubung dengan, percakapan Anda lebih kaya, lebih terarah dan lebih personal. Jaringan Anda tumbuh secara eksponensial ketika Anda bertemu dan mendapatkan diperkenalkan kepada orang lain.

5. Bertanya atau Telling

A big no-no pada dengan media sosial skewing atau memanipulasi komentar, atau suka lainnya, untuk keuntungan Anda sendiri (pribadi atau bisnis). Mengajukan teman, keluarga, rekan kerja atau orang lain untuk memberikan suara hanya untuk memperbanyak postingan, memanipulasi banyak orang untuk berpura-pura pun dapat dengan cepat bisa menjadi mimpi buruk PR jika kebocoran keluar tentang praktik tidak jujur.

Dengan jejaring sosial, Anda dapat memberitahu teman-teman Anda tentang bisnis baru Anda atau blog dan mendiskusikan bagaimana membuatnya sukses. Percakapan yang Anda buat dapat mengkonversi banyak orang menjadi penggemar setia, sehingga layak investasi waktu.
Media sosial dan jejaring sosial memiliki beberapa tumpang tindih, tetapi mereka benar-benar bukan hal yang sama. Mengetahui bahwa mereka dua konsep pemasaran yang terpisah dapat membuat perbedaan dalam bagaimana Anda memposisikan bisnis Anda ke depan.


Buka juga :

Post a Comment for "Definisi Sosial Network"